Kamis, 17 Maret 2022

RPP KD 3.6 ASAM BASA

                  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

A.  Identitas

Nama Sekolah                    : SMK Negeri 1 Panjatan

Mata Pelajaran                   : Kimia

Bidang Keahlian                : Teknologi dan Rekayasa

Program Keahlian              : Teknik Kimia

Kompetensi Keahlian        : Kimia Industri

Kelas/Semester                  : X/2

Tahun Pelajaran                 : 2021/2022

Alokasi Waktu                   : 3 pertemuan ( 3 x 3 x @ 30 menit)

 

B.  Kompetensi Inti (KI)

Kompetensi Inti 1

:

Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

Kompetensi Inti 2

:

Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

Kompetensi Inti 3

:

Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian kimia teknologi rekayasa pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

Kompetensi Inti 4

:

Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian kimia teknologi rekayasa.

Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

 

C.      Kompetensi Dasar (KD)

3.6 Menganalisis sifat larutan berdasarkan konsep asam basa dan pH larutan (asam kuat dan asam lemah, basa kuat dan basa lemah) dalam kehidupan sehari-hari.

4.6 Membandingkan  sifat sifat larutan melalui praktikum berdasarkan konsep asam basa dan pH larutan (asam kuat dan asam lemah, basa kuat dan basa lemah) dalam kehidupan sehari-hari.

 

D.      Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

        3.6.1.    Menerangkan konsep larutan

        3.6.2.    Menjabarkan indikator asam basa

        3.6.3.    Menentukan nilai pH

       3.6.4.     Menganalisis konsep asam basa (asam kuat dan asam lemah, basa

                    kuat dan basa lemah) dalam kehidupan sehari hari

4.6.1    Membandingkan sifat-sifat larutan melalui praktikum berdasarkan konsep asam basa

4.6.2    Membandingkan pH larutan (asam kuat dan asam lemah, basa kuat dan basa lemah) dalam kehidupan sehari hari

 

E.       Tujuan Pembelajaran

Dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan menggali informasi dari berbagai sumber belajar serta mengolah informasi, diharapkan peserta didik terlibat aktif selama proses pembelajaran, memiliki sikap religius, mandiri, kerja sama, kreatif, dan kritis dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik dengan metode demonstrasi, praktik, dan diskusi peserta didik dapat :

1.     Menerangkan konsep larutan asam basa dengan tepat

2.      Menjabarkan indikator asam basa dengan tepat

3.      Menentukan nilai pH dengan tepat

4.   Menganalisis konsep asam basa (asam kuat dan asam lemah, basa

    kuat dan basa lemah kehidupan sehari hari dengan tepat

5.  Membandingkan sifat larutan melalui praktikum berdasarkan konsep

    asam basa dengan tepat

6.   Membandingkan pH larutan (asam kuat dan asam lemah, basa kuat

    dan basa lemah) dalam kehidupan sehari hari dengan tepat

 

F.       Materi Pembelajaran

1.      Konsep Larutan Asam Basa

2.      Sifat Asam Basa

3.      Indikator Asam Basa

4.      pH

       

        Link materi pembelajaran :

        https://www.youtube.com/watch?v=ILXWav8F6q4

        https://www.youtube.com/watch?v=tOE1dfs6VNU

        https://www.youtube.com/watch?v=E1_o4JhpZf8

        https://www.youtube.com/watch?v=abND23bnhZY

         

G.      Pendekatan, Strategi dan Metode Pembelajaran

Pendekatan Pembelajaran     : Pendekatan saintifik (Scientific Learning)

Model Pembelajaran             : Problem Based Learning

Metode Pembelajaran           : Diskusi-informasi, dan tanya jawab

 

H.      Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan ke-1:

IPK : Menerangkan konsep larutan asam basa


Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu

Pendahuluan

1.     Guru menyapa peserta didik dengan ucapan salam.

2.   Guru mengajak peserta didik untuk berdoa bersama sebelum mengawali kegiatan pembelajaran.

3.     Guru menyampaikan apersepsi terkait materi konsep larutan asam basa.

4.     Guru memberikan gambaran manfaat yang akan diperoleh dari pembelajaran.

5.     Guru menyampaikan tujuan, KI, KD, IPK, KKM pada pembelaran yang akan berlangsung.

6.     Peserta didik merespon pertanyaan dari guru.

10 menit

Kegiatan Inti

1.    Stimulation : Guru menautkan link video terkait konsep larutan asam basa.

Guru menayangkan video yang bisa juga diunduh peserta didik dari situs YouTube.

2.    Problem statement : peserta didik mengidentifikasi dan mengamati video tentang konsep larutan asam basa.

3.    Data collection : literasi tentang konsep larutan asam basa.

4.    Data Processing : diskusi dan praktek tentang konsep larutan asam basa.

5.    Verification : menganalisa hasil, tanggapan dan koreksi dari peserta didik lain dan guru.

6.    Generalization : menyimpulkan dan melakukan evaluasi tentang point-point penting yang muncul tentang materi konsep larutan asam basa dalam kegiatan pembelajaran.

70 menit

Kegiatan Penutup

1.    Peserta didik melakukan refleksi.

2.    Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan selanjutnya.

10 menit

 

Pertemuan ke-2 :

IPK: Menerangkan konsep sifat asam basa dan indikator asam basa dalam kehidupan sehari-hari.


Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu

Pendahuluan

1.     Guru menyapa peserta didik dengan ucapan salam.

2.    Guru mengajak peserta didik untuk berdoa bersama sebelum mengawali kegiatan pembelajaran.

3.     Guru menyampaikan apersepsi terkait materi konsep sifat asam basa dan indikator asam basa dalam kehidupan sehari-hari.

4.     Guru memberikan gambaran manfaat yang akan diperoleh dari pembelajaran.

5.     Guru menyampaikan tujuan pada pembelajaran yang akan berlangsung.

6.     Peserta didik merespon pertanyaan dari guru.

10 menit

Kegiatan Inti

1.    Stimulation : Guru memberikan materi dan video tentang konsep larutan asam basa

Guru menayangkan video yang bisa juga diunduh peserta didik dari situs YouTube.

2.    Problem statement : peserta didik mengidentifikasi dan mengamati video tentang konsep larutan asam basa.

3.    Data collection : literasi tentang konsep larutan asam basa

4.    Data Processing : diskusi dan menjawab soal yang telah dipersiapkan guru.

5.    Verification : menganalisa hasil, tanggapan dan koreksi dari guru.

6.    Generalization : menyimpulkan dan melakukan evaluasi tentang point-point penting yang muncul tentang materi konsep larutan asam basa dalam kegiatan pembelajaran.

70 menit

Kegiatan Penutup

1.    Peserta didik melakukan refleksi.

2.    Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan selanjutnya.

10 menit

 

Pertemuan ke-3 :

IPK: Menentukan nilai pH larutan asam basa dengan tepat.


Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu

Pendahuluan

1.      Guru menyapa peserta didik dengan ucapan salam.

2.      Guru mengajak peserta didik untuk berdoa bersama sebelum mengawali kegiatan pembelajaran.

3.     Guru menyampaikan apersepsi terkait materi penentuan pH larutan asam basa yang akan diberikan.

4.     Guru memberikan gambaran manfaat yang akan diperoleh dari pembelajaran.

5.     Guru menyampaikan tujuan pada pembelajaran yang akan berlangsung.

6.     Peserta didik merespon pertanyaan dari guru.

10 menit

Kegiatan Inti

1.     Stimulation : Guru memberikan materi dan video tentang penentuan pH larutan asam basa

Guru menayangkan video yang bisa juga diunduh peserta didik dari situs YouTube.

2.   Problem statement : peserta didik mengidentifikasi dan mengamati video tentang penentuan pH larutan asam basa.

3.    Data collection : literasi tentang penentuan pH larutan asam basa.

4.    Data Processing : diskusi dan menjawab soal yang telah dipersiapkan guru.

5.    Verification : menganalisa hasil, tanggapan dan koreksi dari guru.

6.    Generalization : menyimpulkan dan melakukan evaluasi tentang point-point penting yang muncul tentang materi penentuan pH larutan asam basa dalam kegiatan pembelajaran.

70 menit

Kegiatan Penutup

1.     Peserta didik melakukan refleksi.

2.    Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan selanjutnya.

10 menit

 

I.       Alat/Bahan dan Media Pembelajaran

             1.      Alat     : Gunting, penggaris, kertas lakmus, indikator universal

             2.      Bahan : Kertas, pensil, penghapus

       3.      Media : Tabel periodik unsur, pH meter, buku kimia yang relevan, lembar praktikum.

 

J.         Sumber Belajar

             1.      Purba, Michael, dan Aas Saidah. 2014. Kimia Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa. Jakarta : Erlangga.

             2.      Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

             3.      Internet

 

K.      Penilaian Pembelajaran, Remidi dan Pengayaan

1.         Teknik Penilaian

a.    Penilaian Sikap: penilaian observasi, penilaian diri, penilaian antar teman

-   Penilaian Observasi

Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. 

 b. Penilaian Pengetahuan : tes

    Link soal penilaian : Soal Asam Basa


Mengetahui,                                                   Panjatan, Juli 2021

Kepala Sekolah                                              Guru Mata Pelajaran,

 

  

Dra. Suprih                                                     Purnami Tri Wahyuni, S.Pd.

                     

           

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



 

 

 



 


 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PembaTIK

Apa itu PembaTIK? Pembatik kepanjangan dari Pembelajaran berbasis TIK, merupakan program Peningkatan Kompetensi TIK guru yang mengacu pada k...